Sebagaimana telah diinformasikan sebelumnya, alhamdulillah masjid kita secara fisik dapat selalu berbenah, mulai dari pemasangan konblok, pemasangan pagar, pembenahan taman, dan sekarang pembenahan kusen jendela. Berdasarkan masukan beberapa jamaah, alhamdulillah sejak dipasang pagar lingkungan masjid relatif aman, paling tidak sudah tidak ada lagi kehilangan dan keberadaan tamu-tamu yang tidak jelas identitasnya juga berkurang. Demikian juga pembangunan taman menambah keasrian masjid. Nah renovasi kusen jendela masjid ini juga merupakan program yang telah lama direncanakan, sekaligus diintegrasikan dengan penyempurnaan bangunan Gedung TPA dan ruang petugas masjid. Ok semoga diridhloi Allah SWT. Bagi yang berkenan membantu silahkan di "unduh" proposal lengkap pembangunan TPA tahap II pada aicon yang telah disediakan dibawah :

proposaltpaweb.doc
File Size: 595 kb
File Type: doc
Download File

 

Alhamdulillah, kegiatan Jamaah Minggu ini berjalan dengan lancar, kecuali keikut sertaan dalam forum S3 FMMB, itupun dapat dimaklumi karena kita masih memprioritaskan untuk memakmurkan masjid Baitul Hikmah. Kegiatan Sabtu Shubuh di Masjid Baitul Hikamah diawali dengan sholat shubuh berjamaah yang diimami oleh bapak H. Nurhakim, kemudian dilanjutkan dengan Tartil/Tadarus Al Qur'an dipimpin oleh Ustadz Untung Muhlish baru kemudian diteruskan dengan jamuan Coffee Morning. Sedang untuk kegiatan Ahad shubuh dimulai dengan sholat shubuh jamaah diimami oleh pak H. Kartiko diikuti dengan Kajian Tafsir tematik oleh Ustadz Dr. H.M. Anwar baru kemudian jamuan coffee morning. Berikut adalah rangkuman kajian sebagaimana di informasikan oleh bapak Agus Imam Santoso :

Tema : Golongan Orang yang merugi menurut Al Qur'an, Sumber : Tafsir Ibnu Katsir. Permasalahan : Persoalan untung rugi dewasa ini hanya dilihat dari kaca mata ekonomi, padahal Al Qur'an telah dengan jelas menerangkan siapa saja yang termasuk golongan orang merugi diantaranya :

(1). Orang yang ibadahnya asal-asalan / marginal /ditepi (rentan dan goyah QS Al Haj;11) ;   (2). Yang menjadikan setan sebagai pimpinan (walau tidak secara langsung tapi mengikuti (QS 4;119);   (3). Yang suka merugikan diri sendiri dan keluarganya (QS Az Zumar 14-15);    (4). Yang merugi selama-lamanya yakni orang fasik yang berbuat onar (QS2;27), dan tidak beragama islam (QS14;?9).


Demikian laporan dan informasi rangkuman yang disampaikan oleh bapak Agus Imam Santoso, ada yang berkenan melengkapi, atau mendiskusikannya ? silahkan klik " Comments " di pojok kanan atas berita ini. Salam Ukhuwah, Sukron.

 

Alhamdulillah Pemasangan Kusen Jendela telah dimulai, pemasangan kusen ini adalah implementasi program yang telah lama dicanangkan dalam rangka meningkatkan prasarana untuk menambah kekhusukan ibadah. Kusen yang berada di masjid utama diganti dengan disain kusen jendela baru yang lebih terkesan terbuka, sedang kusen jendela yang lama akan dipasang di Ruang TPA. Dengan demikian semoga tidak ada yang terbuang sia-sia, dan justru akan menambah manfaat yang optimal dari bangunan Masjid sebagai sarana ibadah. Semoga membawa kemakmuran masjid menuju mardlotillah.. 


 

Alhamdulillah coffee morning berjalan dengan lancar, beberapa topik yang dibicarakan diantaranya kupasan kajian Irfaniah tentang keutamaan ilmu, dan usulan agar materi kajian (makalah) dapat di uploade ke WEBsite sehingga bisa "diunduh" jama'ah. Berikutnya tentang Apresiasi Bapak-bapak terhadap kegiatan Forum Remaja Masjid, agar dapat diakomodasi dan dijadikan agenda bulanan, bahkan ada usulan bagaimana kalau disediakan fasilitas out bound disamping masjid, intinya bapak-bapak sangat mendukung kegiatan tersebut. Kemudian pak Efin (sebagai duta besar keliling) menyampaikan hasil dari S3 di Masjid Arrohman. Terakhir dibahas tentang bersepeda ria dan akhirnya jamaah segera beranjak karena tidak mau kesiangan untuk bersepada ria...

 

Sebagaimana biasanya, pada ahad shubuh minggu pertama diadakan kajian Irfaniah oleh Ustadz H. Zuhdi Zaini. MA. Kali ini kajianya tentang Keutamaan Ilmu. Kajian subuh kali ini diikuti oleh banyak jama'ah karena bersama'an dengan kegiatan silaturrohim Forum komunikasi Remaja Masjid se-Serpong. Alhamdulillah kajian berjalan dengan lancar, memang kajian irfaniah ini termasuk kajian yang berat, semoga kita tetap semangat. Soft copy materi sedang diusahakan untuk dapat "diunduh", Bagi yang memerlukan materi dalam bentuk hard copy silahkan menghubungi sdr Rustam, S.Ip.  

 

Pada hari Sabtu tanggal 31 Mei, mulai ba'da Isa' berdatangan Anak-anak remaja dengan busana muslim. Wajah cerah penuh semangat, itulah penampilan Remaja Masjid dari berbagai masjid se kecamatan serpong. Kehadiran mereka ke masjid Baitul Hikmah, untuk mengikuti Kegiatan Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa) dan silaturrohim Forum Komunikasi Remaja Masjid se Kecamatan Serpong. Alhamdulillah acara lancar, dimulai dengan renungan malam yang di bimbing oleh ustadz Taslim, dilajutkan dengan sholat tahajud, kemudian sholat subuh berjamaah, selepas itu menyimak kajian Irfaniah oleh ustadz Zuhdi Zaini, dan dilanjutkan dengan senam dan olehraga bersama. Wah kayaknya seru dech. Semoga inilah gambara orang-orang yang beruntung yakni anak muda yang hatinya senantiasa ditambatkan ke masjid..

 

 Alhamdulillah Tartil Qur'an minggu ini dapat terselenggara, saking semangatnya sampai-sampai speaker luar belum dimatikan, sehingga suara terdengar keras di komplek. Tentu ini diluar kesengajaan, oleh karenanya semoga tidak mengganggu lingkungan.

Sebagaimana biasa selepas kajian taltil Qur'an dilanjutkan dengan Coffee morning sambil diskusi ringan

 

Safari sabtu shubuh FMMB edisi tanggal 31 Mei diselenggarakan di Masjid Ar- Rahman, seperti biasa delegasi dari masjid Baitul Hikmah dihadiri oleh Duta Besar Keliling Masjid Baitul Hikmah untuk FMMB, Bapak Efin. Sebagaimana yang disampaikan oleh beliau salah satu pembahasan dari Safari Shubuh adalah tentang motivasi pendirian Radio Komunitas sebagai sarana da'wah. Salah satu sesepuh (presidium FMMB) bapak Efendi Arsyad mengusulkan agar Masjid Baitul Hikmah menindak lanjuti rencana tersebut. Mengingat potensi da'wah melalui media ini sangat penting untuk digarap. Terlebih Letak masjid Baitul Hikmah yang sangat setrategis, berada di posisi tengah komplek NusaLoka, sehingga penyebaran informasinya bisa merata, dan rencana ini bisa disinergikan dengan pembangunan Rumah Sakit Bunda Delima. "Antena Radio bisa dipasang di atas Rumah sakit", usul bpk Efendi Arsyad," Kalau pak Taufiq tidak mengijinkan biar saya yang mengijinkan", seloroh beliau untuk lebih menegaskan. Sementara dalam kesempatan lain, Bapak Dr. Taufiq justru tidak sekedar bersedia ditempati antena tapi justru menawarkan salah satu ruangan di lantai atas sebagai studio radio. Tentu ini kesempatan yang baik untuk berda'wah, semoga diridhoi Allah. 


Masjid Baitul Hikmah BSD 2008 CopyRight esaitb